Kamis, 11 Januari 2018

Pengenalan Osi Layer 1-2




A.JUDUL
Pengenalan Osi Layer 1-2
B. Pendahuluan
1. Pengertian
Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar.

2. Latar Belakang
Diskusi dilakukann agar bisa mengetahui permasalahan apa saja yang dialami oleh siswa prakerin di BLC TELKOM KLATEN.

3. Maksud dan Tujua
-Untuk mengetahui permasalahannya.
-Dapat menyelesaikan masalah.

c. Uraian
Mbah menjelaskan sekali lagi untuk osi layer, karena banyak siswa prakerin baru dan tidak tau apa itu osi layer. Osi layer itu merupakan jembatan awal untuk menuju ke jaringan dan programmer. Osi layer di bagi menjdi 7 bagian yaitu physical, data link, network, transport, session, presentation, dan application. Mbah Suro Dhemit menjelaskan osi layer ke 1 dan 2.

OSI LAYER 1:
 Physical layer

    Pengertian Physical Layer :                                                                   Physical Layer adalah layer terbawah dari layer OSI model dari jaringan komputer. Lapisan ini berhubungan dengan masalah listrik, prosedural, mengaktifkan, menjaga, dan menonaktifkan hubungan fisik. Lapisan ini juga berhubungan dengan tingkatan karakter, voltase, waktu perubahan voltase, jarak maksimal transmisi, konektor fisik, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan fisik. Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah hub, repeater, network adapter/network interface card, dan host bus adapter (digunakan di storage area network).
    Fungsi Physical Layer :
    Fungsi dari Phisical Layer merupakan berkaitan dengan electrical (dan optical) koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer Physical. Peralatan seperti repeater, hub dan network card adalah berada pada layer ini.

OSI LAYER 2 :
Data Link

    Lapisan Data-Link adalah lapisan protokol dalam program yang menangani pergerakan data masuk dan keluar melintasi tautan fisik di jaringan. Lapisan Data-Link berlapis 2 pada model Open Systems Interconnect ( OSI ) untuk satu set protokol telekomunikasi.
    Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).

D.Dokumentasi Foto




E. Kesimpulan
Diskusi itu dilakukan supaya siswa prakerin bisa mengerti apa itu osi layer.

Tidak ada komentar:
Write komentar