Jumat, 12 Januari 2018

Tutorial Menggunakan FItur Peminjaman dan Menambahkan Item Code pada SLIMS 8 Akasia



1. Pendahuluan
A.Pengertian
Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

B.Latar Belakang
Latar belakang saya menggunakan fitur ini adalah, agar mengetahui apa saja buku yang di pinjamnya, dan siapa saja pengunjung yang meminjam buku tersebut. Juga agar memudahkan dalam mengenali nomor buku.

2. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan saya menggunakan fitur ini yaitu,agar mengetahui siapa yang meminjam buku dan buku apa yang di pinjam,serta memudahkan pengunjung dalam mengenali buku.Dan saya sebagai pengguna fitur ini juga dapat mengetahui cara installasinya

3. Alat dan Bahan
- laptop yang terinstall slims 8 akasia
- buku manual pengguna slims perpustakaan

E.Waktu pelaksanaan
waktu pelaksanaanya kurang lebih 45 menit

4.Tahap pelaksanaan
Membuat Item Code

1.pertama kita masuk ke slims8 sebagai admin

2.selanjutnya kita Lihat daftar buku yang akan dibuat Item Codenya, dengan cara klik menu Bibliography, kemudian pilih Bibliography List.

3.lalu pilih buku yang akan didaftarkan Item Codenya, pastikan pada kolom Copiesnya itu none.


4.Isikan item Code sama kan dengan anggota.

5. Lalu isikan member ID sama di Item Code



6.Lalu kita masuk ke Circulation



G.Kesimpulan
Dengan menggunakan fitur di atas, kita bisa mengatur siapa yang meminjam dan apa yang dipinjam oleh pengunjung yang telah terdaftar dan mempunyai kartu keanggotaan.

H.Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan
Buku pengguna_slims_perpus.pdf

Tidak ada komentar:
Write komentar