Sabtu, 23 Desember 2017

OOP PHP : Fitur fitur di PHP pada OOP

Assalamualaikum wr.wb
A.Pendahuluan
1. Maksud dan Tujuan
 digunakan untuk menyembunyikan nilai atau keadaan objek data terstruktur di dalam kelas , mencegah akses langsung pihak yang tidak sah kepada mereka.

2. Hasil yang di harapkan
Bisa Memahami tentang OOP pada PHP

B.Alat dan Bahan
-Pc
-Sublime Text

3. Durasi Waktu
-10 Menit

4.Pembahasan
A.CLASS
Class adalah ‘cetak biru’ atau ‘blueprint’ dari object. Class digunakan hanya untuk membuat kerangka dasar. Yang akan kita pakai nantinya adalah hasil cetakan dari class, yakni object.Sebagai analogi, class bisa diibaratkan dengan laptop atau notebook. Kita tahu bahwa laptop memiliki ciri-ciri seperti merk, memiliki keyboard, memiliki processor, dan beberapa ciri khas lain yang menyatakan sebuah benda tersebut adalah laptop. Selain memiliki ciri-ciri, sebuah laptop juga bisa dikenakan tindakan, seperti: menghidupkan laptop atau mematikan laptop.Di dalam PHP, penulisan class diawali dengan keyword class, kemudian diikuti dengan nama dari class. Aturan penulisan nama class sama seperti aturan penulisan variabel dalam PHP, yakni diawali dengan huruf atau underscore untuk karakter pertama, kemudian boleh diikuti dengan huruf, underscore atau angka untuk karakter kedua dan selanjutnya Saya akan memberikan contohnya seperti dibawah ini:

<?php

class laptop {
   // isi dari class laptop...
}
?>



B.Pengertian Property dalam Pemrograman Berbasis Objek.

Property (atau disebut juga dengan atribut) adalah data yang terdapat dalam sebuah class. Melanjutkan analogi tentang laptop, property dari laptop bisa berupa merk, warna, jenis processor, ukuran layar, dan lain-lain.


Contoh Penulisan class dengan penambahan property

<?php
class laptop {
   publice $pemilik;
   publice $merk;
   publice $spion;
   // lanjutan isi dari class laptop...
}


Dari diatas  $pemilik, $merk, dan $spion Seperti yang kita lihat, penulisan property di dalam PHP sama dengan cara penulisan variabel, yakni menggunakan tanda dollar ($). Sebuah class tidak harus memiliki property.

C. Method dalam Pemrograman Berbasis Objek
Method adalah tindakan yang bisa dilakukan didalam class. Jika menggunakan analogi class laptop kita, maka contoh method adalah: menghidupkan laptop, mematikan laptop, mengganti cover laptop, dan berbagai tindakan lain.

Dibawah ini contoh penulisan class dengan penambahan method;


<?php
class laptop {
   function hidupkan_laptop() {
   //... isi dari method hidupkan_laptop
   }

   function matikan_laptop() {
   //... isi dari method matikan_laptop
   }

   ... //isi dari class laptop
}
?>



D. Object dalam Pemrograman Berbasis Objek

Object atau Objek adalah hasil cetak dari class, atau hasil ‘konkrit’ dari class. Jika menggunakan analogi class laptop, maka objek dari class laptop bisa berupa: laptop_andi, laptop_anto, laptop_duniailkom, dan lain-lain. Objek dari class laptop akan memiliki seluruh ciri-ciri laptop, yaitu property dan method-nya.



<?php
class laptop {
   function hidupkan_laptop() {
   //... isi dari method hidupkan_laptop
   }

   function matikan_laptop() {
   //... isi dari method matikan_laptop
   }

   ... //isi dari class laptop
}
?>


Dari contoh diatas, $laptop_andi dan $laptop_anto merupakan objek dari class laptop. Kedua objek ini akan memiliki seluruh property dan method yang telah dirancang dari class laptop.



Tidak ada komentar:
Write komentar