Senin, 11 Desember 2017

MEMBUAT QUIZ YANG BERISI SOAL PADA MOODLE

A.Pendahuluan
Hy teman-teman pembaca setia blog saya, kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat quiz didalam moodle sekaligus menambahkan pertanyaan ke dalamnya.

1. PENGERTIAN

MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

2. LATAR BELAKANG

Karena dengan menyediakan quiz di dalam moodle siswa dapat menjawab quiz tersebut tanpa harus menggunakan buku dan tidak harus duduk di kelas berhadap hadapan dengan guru.

3. MAKSUD DAN TUJUAN

Agar terciptanya proses pembelajaran secara online tanpa harus setiap hari berhadap-hadapan dengan guru, maka saya memilih untuk mempelajari dan mengoptimalkan moodle yang sangat cocok diterapkan di sekolah, untuk itu saya membuat quiz di moodle yang merupakan salah satu upaya yang saya lakukan unutk mengoptimalkan moodle.

4. ALAT DAN BAHAN

-Laptop
-Koneksi internet

5. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

Waktu yang saya butuhkan sekitar 15 menit

6. TAHAP PELAKSANAAN




1. Login ke moodle anda sebagai administrator



2. Kemudian klik site home > turn editing on


 



3. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut ini, silahkan anda klik add an activity or resource




 4. Akan muncul menu activities, karena saya akan membuat quiz maka saya memilih quiz. Lalu klik add





5. Isi kolom name dengan nama quiz yang akan kita buat, dan isi kolom description dengan deskripsi dari quiz yang akan kita buat.






6. Selanjutnya scroll ke bawah dan klik save and return to course






7. Akan muncul tampilan seperti ini, untuk manambahkan pertanyaan silahkan klik edit > edit setting.





8. Saat muncul tampilan seperti di bawah klik edit quiz.









9. Kemudian muncul tampilan seperti gambar berikut, klik add.



10. Kemudian saya akan menambahkan pertanyaan dari question bank karena saya sebelumnya telah membuat pertanyaan di question bank.






11. Selanjutnya pilih pertanyaan yang akan kita tambahkan ke quiz, lalu klik add selected questions to the quiz



12. Lalu klik save.





13. Selanjutnya untuk mencoba pertanyaan pada quiz yang telah saya buat, kembali ke menu dashboard lalu klik site home > turn editing off.






14. Selanjutnya akan muncul quiz yang kita buat tadi, silahkan klik.






15. Untuk mulai menjawab klik attempt quiz now.






16. Kemudian anda bisa mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah di buat tadi, lalu klik next page. Pada saat sudah sampai pada nomor terakhir klik submit and finish.




 pada tampilan ini klik submit and finish lagi





17. Klik finish riview untuk melihat hasil nilai atas jawaban anda tadi.




7. HASIL DAN KESIMPULAN

Kesimpulannya saya telah berhasil menambahkan quiz yang berisi soal pada moodle namun saya masih mendapat kebingungan untuk memberikan soal tersebut agar dapat di akses oleh siswa, karena pada tutorial diatas saya mencoba menjawab soal tersebut dengan login sebagai admin.

8. REFERENSI

-https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle

Tidak ada komentar:
Write komentar